Search

Begini Cara Pakai Pelembap dan Tabir Surya yang Benar

Suara.com - Menurut sebuah penelitian, banyak orang tidak tahu cara pakai pelembap dan tabir surya yang benar. Kebanyakan hanya sekadar mengoleskannya saja di permukaan kulit, tanpa benar-benar memastikan apakah semua permukaan kulit wajah sudah tertutupi dengan sempurna. Padahal, sangat penting Anda mengaplikasikan pelembap dan tabir surya dengan benar, terutama di area sekitar mata. Karena hal ini bisa mencegah risiko Anda terkena kanker kulit atau melanoma.

Untuk sampai pada kesimpulan tersebut, tim peneliti dari University of Liverpool mempelajari bagaimana 84 orang (62 perempuan dan 22 laki-laki) memakai pelembap ber-SPF dan tabir surya.

Peneliti mengambil foto dengan kamera peka-UV yang menunjukkan seberapa baik mereka mengaplikasikan pelembap dan tabir surya di wajah mereka.

Para peneliti menemukan bahwa hampir 17 persen area wajah terlewat saat mengaplikasikan pelembap, dan 11 persen yang terlewat ketika mengaplikasikan tabir surya.

Dari semua area wajah, kelopak mata paling rentan terhadap kanker kulit, tetapi banyak orang tidak menyadarinya.

"Kulit kelopak mata sangat tipis dan ini menempatkannya pada risiko tinggi terpapar sinar UV. Area di sekitar bulu mata dan antara kelopak mata serta hidung paling tidak tertutup," kata peneliti sekaligus konsultan ahli bedah mata dan okuloplastik dari Aintree University Hospital Trust, Austin McCormick.

McCormick mengatakan bahwa kanker yang tumbuh di kelopak mata menyumbang 10 persen dari semua karsinoma sel basal di Inggris atau jenis kanker kulit paling umum.

"Jika akan terpapar sinar matahari yang lama, kami sarankan menggunakan tabir surya. Jika menggunakan pelembap, kami menyarankan yang mengandung SPF. SPF apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali, tetapi tidak boleh dianggap sama dengan tabir surya," kata McCormick.

Holly Barber dari British Association of Dermatologists mengatakan, formula dalam pelembap SPF tidak tahan gesekan dan tidak tahan air jika diterapkan secara tipis-tipis.

"Cara yang baik untuk menghindari masalah seperti terbakar sinar matahari di daerah yang terlewatkan saat menerapkan perlindungan matahari adalah dengan menggunakan pakaian pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam, serta menerapkan kembali pelembap dan tabir surya secara teratur," katanya.

Let's block ads! (Why?)


https://www.suara.com/lifestyle/2019/04/05/164818/begini-cara-pakai-pelembap-dan-tabir-surya-yang-benar

2019-04-05 09:48:18Z
https://www.suara.com/lifestyle/2019/04/05/164818/begini-cara-pakai-pelembap-dan-tabir-surya-yang-benar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Begini Cara Pakai Pelembap dan Tabir Surya yang Benar"

Post a Comment

Powered by Blogger.