Search

10 Tips Memilih Karier dengan Tepat

Suara.com - Memilih karier adalah salah satu keputusan penting yang bisa mengubah jalan hidup Anda. Keputusan ini harus dipikirkan masak-masak.

Berikut beberapa hal yang bisa membantu Anda untuk memilih karier dengan tepat:

1. Evaluasi Gaya Kerja Anda
Karier yang tepat untuk Anda sebaiknya sesuai dengan gaya kerja Anda. Apakah Anda seorang self-starter yang menyelesaikan tujuan Anda sendiri, atau apakah Anda memerlukan disiplin lingkungan kerja yang terstruktur untuk melakukan yang terbaik? Evaluasi jujur terhadap gaya kerja Anda akan membantu Anda menentukan karier yang tepat.

2. Tahu Bakat Anda
Apakah Anda memiliki hobi atau bakat tertentu? Pikirkan cara untuk mengubah hobi ke dalam karier Anda. Bekerja dengan kayu, memainkan alat musik atau mencoba gaya rambut yang berbeda dapat menyebabkan karier sebagai penanda furnitur khusus, pemusik atau penata rambut. Dengan melakukan apa yang Anda cintai dapat menghasilkan karier yang memuaskan.

3. Tetapkan Tujuan Keuangan
Tetapkan tujuan hidup Anda. Jika Anda ingin memiliki rumah liburan di setiap benua dan terbang ke rumah-rumah ini dengan jet pribadi Anda, karier sebagai pegawai ritel mungkin tidak akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Anda mungkin harus membuat beberapa kompromi di sepanjang jalan, tapi secara umum, karier yang Anda pilih harus memungkinkan Anda mencapai tujuan keuangan Anda.

4. Lakukan Matematika Sebelum Kembali ke Sekolah
Sebelum Anda membayar lebih buruk lagi, pinjam uang untuk kuliah atau sekolah pascasarjana, pastikan karier yang Anda pilih layak untuk biaya. Menurut Pusat Statistik Pendidikan Nasional, biaya pendidikan sarjana naik 25 sampai 37 persen antara tahun 2000 dan 2010. Jika Anda perlu kembali ke sekolah untuk memenuhi syarat untuk pekerjaan impian Anda, lihatlah program yang membayar pinjaman siswa Anda jika Anda bekerja dalam posisi pelayanan publik selama beberapa tahun setelah lulus.

5. Kaji Kebutuhan Sosial Anda
Anda akan menghabiskan sepertiga dari hidup Anda dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda, jadi pilihlah karier yang sesuai dengan kehidupan sosial Anda. Jika Anda seorang penyendiri yang tidak menikmati interaksi sosial, Anda mungkin cocok untuk berkarier di tempat Anda bekerja secara mandiri atau bekerja dari rumah. Jika Anda suka bertemu orang baru, Anda mungkin menemukan karier dalam penjualan, di mana Anda banyak bertemu dengan orang.

6. Melakukan Wawancara Informasional
Anda bisa juga mewawancarai seseorang  yang memiliki pekerjaan yang menurut Anda ingin membantu memperkuat pilihan karier Anda. Banyak orang akan senang bertemu sebentar dengan Anda untuk membicarakan pro dan kontra dari apa yang mereka lakukan dan memberi tahu Anda apakah mereka akan membuat pilihan karier yang sama jika mereka dapat mengubah waktu dan memilih yang berbeda. Mulailah dan akhiri pertemuan tepat waktu, ajukan pertanyaan menyelidik dan dengarkan dengan baik jawabannya.

7. Gunakan Alat Penilaian Diri
Gunakan sumber daya untuk membantu Anda mempersempit pilihan karier Anda. Ikuti kuis online untuk membantu Anda menilai kemampuan Anda terhadap jenis pekerjaan tertentu. Tinjau deskripsi pekerjaan dan informasi karier dari Biro Statistik Tenaga Kerja untuk membantu Anda memahami persyaratan pendidikan dan pelatihan untuk berbagai jenis pekerjaan. Banyak buku dan buku kerja juga tersedia untuk memandu Anda melalui proses penilaian mandiri.

8. Menyewa Pelatih Karier
Jika alat tidak tepat untuk Anda, pelatih karir profesional dapat membantu Anda mengukur kemampuan Anda untuk sukses dalam profesi yang berbeda dan menavigasi transisi Anda dari pekerjaan yang Anda miliki sekarang ke pekerjaan impian Anda. Jika Anda merasa terjebak dalam jalur karier Anda saat ini, pelatih dapat memberikan nasihat yang Anda butuhkan untuk memulai prosesnya dan bergerak maju dan maju menuju kesuksesan.

9. Dapatkan Pengalaman Nyata
Anda juga bisa melakukan program magang di perusahaan yang Anda inginkan. Pengalaman hidup nyata di lingkungan kerja yang menurut Anda ingin Anda kerja dapat membantu Anda membuat keputusan dengan pasti. Bayangan kerja, magang dan tugas sementara memberi Anda gambaran realistis tentang kehidupan seorang profesi.

10. Sabar
Menemukan karier yang tepat adalah sebuah proses, bukan sebuah peristiwa. Posisi entry level di bidang Anda mungkin bukan pekerjaan impian Anda, tapi bisa memberi Anda pijakan pada jenjang karier yang ingin Anda naiki. Butuh waktu untuk mengembangkan karier Anda, namun menetapkan tujuan dan mengikuti rencana untuk mencapainya dapat membantu Anda memenuhi aspirasi karier Anda.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Tips Memilih Karier dengan Tepat"

Post a Comment

Powered by Blogger.