Search

Studi Sebut Wine Sama Merusaknya Seperti Rokok

Suara.com - Studi Sebut Wine Sama Merusaknya Seperti Rokok

Kita sering mendengar betapa merusaknya rokok bagi tubuh. Tapi menurut peneliti Inggris, kebanyakan minum wine, itu sama mengerikannya dengan rokok.

Dikatakan, minum satu botol anggur per minggu setara dengan merokok lima batang untuk laki-laki dan 10 batang pada perempuan dalam periode yang sama.

Baik wine dan rokok, dikatakan dapat menyebabkan kanker. 

Penelitian tersebut telah diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health.

Secara total dikatakan, konsumsi anggur meningkatkan "risiko kanker seumur hidup" seorang laki-laki sebesar 1 persen dan 1,4 persen pada perempuan.

"Kami berharap bahwa dengan menggunakan rokok sebagai pembanding kami dapat mengkomunikasikan pesan ini secara lebih efektif untuk membantu individu membuat pilihan gaya hidup yang lebih terinformasi," kata penulis utama penelitian, Theresa Hydes, dalam sebuah pernyataan.

Tetapi penelitian ini bukan tidak mendapat tentangan. Dikatakan, penelitian tersebut gagal mempertimbangkan faktor-faktor lain yang lebih penting dan dapat dikaitkan dengan merokok, seperti penyakit jantung dan penyakit pernapasan.

"Meskipun ini adalah analisis statistik yang menarik, penelitian ini tidak memperhitungkan efek alkohol dan merokok pada kesehatan jantung dan organ lainnya," kata Francisco Esteva, kepala onkologi medis payudara di Langone Perlmutter Cancer Center, New York University kepada HuffPost. 

"Membandingkan risiko kanker yang terkait dengan jumlah rokok tertentu dengan sebotol anggur sangat sederhana dan dapat mengirim pesan yang salah," pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)


https://www.suara.com/lifestyle/2019/04/04/155839/studi-sebut-wine-sama-merusaknya-seperti-rokok

2019-04-04 08:58:39Z
https://www.suara.com/lifestyle/2019/04/04/155839/studi-sebut-wine-sama-merusaknya-seperti-rokok

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi Sebut Wine Sama Merusaknya Seperti Rokok"

Post a Comment

Powered by Blogger.