Search

Kisah Sri, Sang Petani Kopi Perempuan yang Menginspirasi di Hari Kartini

Suara.com - Kisah Sri, Sang Petani Kopi Perempuan yang Menginspirasi di Hari Kartini.

Peringatan Hari Kartini jatuh setiap tanggal 21 April. Biasanya sepanjang April banyak sekali kegiatan yang mengusung kehebatan kaum hawa di segala aspek.

Salah satu Kartini zaman now yang patut diacungi jempol adalah Sri Wahyuni yang kini menjadi Ketua Koperasi Usaha Kopi Srikandi di Lampung. Sri lahir dari keluarga petani kopi, meski demikian Ia tak langsung meneruskan usahanya.

Ia sempat mengadu nasib ke ibukota namun hati nurani membuatnya pulang kampung.

Sri pun mengikuti berbagai pelatihan menanam kopi, hingga akhirnya biji kopi yang dijual Sri semakin berhasil hingga membentuk simpan usaha dan unit usaha pengolahan kopi.

Di daerah tempat tinggal Sri, di Ulubelu,  Tanggamus - Lampung, memang merupakan sentra penghasil kopi Robusta.

"Kenapa kopi karena wilayah saya memang sebagian besar penduduknya petani kopi. Jadi lewat koperasi ini kami mendorong para petani kopi perempuan untuk mengolah biji kopi jadi bubuk sehingga nilai jualnya lebih tinggi," ujar Sri dalam rilis yang diterim Suara.com.

Koperasi srikandi [press release]
Koperasi srikandi [press release]

Koperasi Srikandi yang dipimpin Sri pun baru-baru ini mendapat bantuan dari perusahaan tenaga listrik asal Korea, Kore Midland Power (KOMIPO). KOMIPO sendiri memiliki banyak pembangkit listrik di seluruh Indonesia. Ada dua pembangkit di Cirebon, satu pembangkit di Wampu, satu pembangkit di Jepara, dan satu pembangkit di Tanggamus, Lampung.

Disampaikan Kim Byung-sam Direktur KOTRA yang menfasilitasi perusahaan asal Korea untuk menyelenggarakan kerjasama dengan pihak di Indonesia, kerjasama KOMIPO dan Koperasi Srikandi adalah salah satu dari fase kedua Program OVOP yang didukung oleh KOTRA dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM).

"Proyek OVOP adalah New Southern Policy pemerintah Korea Selatan yang baru dalam mengupayakan kerja sama winwin solution," ujar Kim.

Tahap pertama OVOP diadakan pada 2015 hingga 2018, mendukung dua koperasi di Lombok, satu koperasi di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Bali.

"Di masa depan, KOTRA bersedia mendukung berbagai kolaborasi antara koperasi dan Perusahaan Korea untuk bekerja sama. Itu tidak berarti satu pihak membantu dan pihak lain menerima bantuan. Tetapi ini adalah kedua pihak yang bekerja sama untuk menghasilkan keuntungan yang terbaik," tandas Kim. 

Let's block ads! (Why?)


https://www.suara.com/lifestyle/2019/04/20/143000/kisah-sri-sang-petani-kopi-perempuan-yang-menginspirasi-di-hari-kartini

2019-04-20 07:30:00Z
https://www.suara.com/lifestyle/2019/04/20/143000/kisah-sri-sang-petani-kopi-perempuan-yang-menginspirasi-di-hari-kartini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Sri, Sang Petani Kopi Perempuan yang Menginspirasi di Hari Kartini"

Post a Comment

Powered by Blogger.