Search

Studi: Rutin Bercinta Tingkatkan Kemampuan Mengingat

Suara.com - Bercinta tak hanya dapat membuat hubungan Anda dan pasangan menjadi lebih intim. Lebih dari itu, bercinta juga dapat membuat Anda lebih pintar.

Ya, sebuah studi terkini yang dilakukan UniversitY of Oxford dan Coventry menemukan bahwa berhubungan seks secara rutin dapat mempertajam daya ingat, terutama pada mereka yang telah lanjut usia.

"Hubungan seks tidak hanya memuaskan gairah tapi juga dapat mempengaruhi hal lain, dalam hal ini fungsi kognitif otak," ujar dr Hayley Wright dari Coventry University dilansir Independent.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti dari University of Oxford dan Coventry menganalisis hubungan seksual pada 73 peserta, yakni 28 laki-laki dan 45 perempuan berusia 50-83 tahun.

Periset dari Universitas Oxford dan Coventry meminta 73 peserta - 28 pria dan 45 wanita berusia antara 50 dan 83 tentang aktivitas seksual mereka. 37 responden mengatakan mereka rutin melakukan seks setiap minggu, 26 lainnya setiap bulan dan 10 orang tidak pernah bercinta.

Kemudian, fungsi otak responden pun dinilai dan peneliti menemukan bahwa mereka yang rutin melakukan hubungan seks setiap minggu mencatat skor fungsi kognitif yang 12 persen lebih tinggi daripada mereka yang berhubungan seks tiap bulan dan empat poin lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak pernah berhubungan seks.

Penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Gerontology, Series B: Psychological and Social Sciences ini menyimpulkan bahwa melakukan hubungan seks secara teratur memiliki dampak positif pada tes kemampuan verbal seperti mengingat kata. Mereka juga unggul dalam tes visual seperti membuat sketsa wajah hanya mengandalkan ingatan.

Menurut peneliti, bercinta dapat mengaktifkan hormon dopamin dan oksitosin yang meningkatkan fungsi kognitif. Wright pun mengajak para lanjut usia untuk menjadikan hubungan seks sebagai kegiatan rutin untuk melindungi diri dari risiko demensia alzheimer.

"Tak banyak lansia yang masih mengandalkan bercinta sebagai pengikat hubungan dengan pasangan. Tapi kami membuktikan bahwa kegiatan ini berpengaruh positif bagi kemampuan mengingat mereka," pungkas dia.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Rutin Bercinta Tingkatkan Kemampuan Mengingat"

Post a Comment

Powered by Blogger.