Search

Ini yang Terjadi pada Rambut Bila Dicatok Setiap hari

Suara.com - Catok rambut bagi perempuan sudah hampir menjadi salah satu kebutuhan primer sehari-hari. Catokan memang berguna untuk merapikan dan mengatur gaya rambut, tapi tahukah Anda kalau terdapat bahaya catok rambut jika dilakukan tiap hari?

Berikut beberapa bahaya catok rambut setiap hari yang dirangkum oleh hellosehat.com.

1. Rambut jadi kering
Salah satu bahaya catok rambut paling umum adalah seluruh helai rambut menjadi kering parah. Catok rambut akan membuat lapisan pada batang rambut semakin merekah dan pecah. Selain itu, rambut akan kehilangan kelembaban alaminya. Hal ini ditandai dengan mulai terlihatnya kusam dan keriting pada rambut jika Anda sedang tidak menggunakan catokan.

2. Alergi
Jika Anda mengalami rasa gatal, kulit kepala melepuh ataupun rambut yang rontok, itu merupakan salah satu reaksi alergi umum yang terjadi akibat dari bahaya catok rambut sehari-hari.

Dalam beberapa kasus, efek samping catok rambut mungkin akan muncul setelah beberapa hari menggunakannya. Jika sudah ada tanda-tanda alergi, lebih baik Anda segera  hentikan pakai catokan dan segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

3. Rambut Anda akan berubah selamanya
Salah satu bahaya laten dari catok rambut adalah  menghilangnya jenis dan tekstur rambut asli Anda. Sebetulnya hal ini lebih sering terjadi jika menggunakan krim pelurus dan catokan agar tampilan rambut Anda bisa permanen. Begitu Anda meluruskan rambut secara permanen, sangat sulit untuk mengubah gaya rambutnya lagi.

4. Rambut rontok hingga mengalami kebotakan parah
Rontoknya rambut hingga kebotakan, merupakan salah satu bahaya paling mengerikan jika Anda masih sering menggunakan catokan rambut Efek samping klinis lainnya dari pelurusan rambut adalah rambut rontok yang parah. Selain itu, penggunaan bahan kimia sebelum mencatok dengan kualitas rendah akan merusak rambut hingga ke akar-akarnya. Dalam jangka panjang, folikel rambut menjadi lemah dan rambut Anda akan rontok terus berlanjut

Tips mencegah dan mengurangi kerusakan rambut akibat catokan
1. Pakai kondisioner dan heat protector sebelum catok
Gunakan pelembab atau kondisioner pada rambut setelah keramas, guna membuat rambut terasa lebih lembut juga terhindari dari kondisi kasar dan kusam. Sedangkan penggunaan heat protector yang digunakan sebelum mencatok rambut, berguna untuk menyempitkan lapisan silikon ke rambut Anda. Silikon tersebut bertindak sebagai penghalang dan pelindung antara rambut dengan efek panas. Bagusnya lagi, heat protector bisa membantu menjaga agar rambut Anda tetap halus dan lurus setelah dicatok.

2. Atur suhu catokan serendah mungkin
Untuk menghindari kerusakan parah pada lapisan rambut, coba atur suhu pada catokan serendah mungkin. Karena suhu panas yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Tipsnya, atur suhu serendah mungkin dan biarkan beberapa saat hingga panas maksimal, baru Anda bisa mencatok rambut Anda sambil meminimalisasi kerusakan akibat panas berlebih.

3. Lakukan perawatan rambut sesering mungkin
Imbangi mencatok rambut dengan merawat rambut. Lakukan perawatan rambut seperti creambath, hair spa, atau masker rambut dengan bahan-bahan tradisional untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan rambut Anda.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini yang Terjadi pada Rambut Bila Dicatok Setiap hari"

Post a Comment

Powered by Blogger.