Search

Berniat Liburan Ke Ancol Saat Pekan Lebaran? Coba Baca Ini Dulu

Suara.com - Taman Impian Jaya Ancol selalu menjadi pusat wisata warga Jabodetabek dan sekitarnya, kala memasuki libur Hari Raya Idul Fitri. Guna mendukung kenyamanan lalu lalang dan optimalisasi lahan parkir kendaraan, tahun ini pengelola tempat wisata tersebut menerapkan sistem parkir terpusat pada 26 hingga 28 Juni 2017 nanti.

Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengakui, jika kepadatan arus lalu lintas keluar masuk lokasi wisata Ancol merupakan sebuah tantangan setiap tahunnya.

Maka dari itu, sistem parkir terpusat diharapkan dapat menjadi solusi mengurangi kesemrawutan lalu lintas libur lebaran tahun ini. Kantong parkir di kawasan Taman Impian Jaya Ancol sendiri dapat menampung sekitar 13. 281 mobil dan 21 ribu motor.

Pengunjung yang datang di bawah jam 10 pagi pada tanggal 26 hingga 28 Juni 2017 akan diminta untuk masuk dan menempati parkir disekitar Pantai Karnaval Ancol. Setelahnya, gerbang Timur dan Barat baru akan dibuka dan gerbang Marina hanya dikhususkan sebagai jalur keluar saja.

"Agar kapasitas maksimum dan tidak menumpuk di satu titik. Pengunjung juga bisa tanya petugas dan melihat peta. Hal ini dilakukan agar tak seperti tahun lalu yang agak crowded," ujar Teuku Sahir.

Jangan khawatir dengan jarak parkir dan tujuan lokasi wisata karena pihak pengelola menyediakan 100 bus wara-wiri ukuran besar, sedang dan kecil serta pengoperasian tiga unit rangkaian kereta wisata Sato yang disiapkan gratis bagi pengunjung.

Selain itu, sebagai usaha meminimalisir keadaan tak menyenangkan, pihak pengelola menyiapkan 719 personel pengamanan yang terdiri dari internal, polisi, TNI dan Satpol PP.

"Kami bekerja sama dengan TNI, Polri dan Satpol PP. Termasuk P3K dan ambulan. CCTV kita tambah menjadi sebanyak 48 unit. Kita juga tambahkan Mushola, tempat wudhu dan toilet portabel," ujarnya.

Tahun ini, pihak pengelola memasang target pertumbuhan wisatawan sekitar 15 persen hingga 20 persen dari tahun lalu. target tersebut dengan asumsi libur lebaran jatuh pada moment yang tepat yaitu akhir pekan di akhir bulan sekaligus libur sekolah yang panjang.

"Estimasi pengunjung sekitar 875 ribu yang terdaftar di pintu gerbang. Itu dari hari pertama hingga ketujuh di pekan lebaran," tutup Teuku Sahir.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berniat Liburan Ke Ancol Saat Pekan Lebaran? Coba Baca Ini Dulu"

Post a Comment

Powered by Blogger.