Search

10 Tips untuk Perencanaan Karier yang Sukses

Suara.com - Perencanaan karier bukanlah kegiatan yang harus dilakukan satu kali di sekolah menengah atau perguruan tinggi lalu tertinggal saat kita bergerak maju dalam pekerjaan dan karier kita. Sebaliknya, perencanaan karier adalah kegiatan yang paling baik dilakukan secara teratur terutama mengingat data bahwa rata-rata pekerja akan mengubah karier (bukan pekerjaan) beberapa kali selama masa hidupnya. Dan tidak pernah terlalu cepat atau terlambat memulai perencanaan karier Anda.

Inilah 10 tips untuk membantu Anda mencapai perencanaan karier yang sukses.

Jadikan Merencanakan Karier menjadi Acara Tahunan
Banyak dari kita yang melakukan banyak hal lainnya setiap tahun, jadi mengapa tidak merencanakan karier menjadi salah satunya? Temukan satu hari  dalam setahun untuk memikirkan karier Anda.   Jadikan ini menjadi sebuah retret untuk diri Anda sendiri.

Dengan membuat perencanaan karier sebagai acara tahunan, Anda akan merasa lebih aman dalam pilihan dan arahan karier Anda dan Anda akan lebih siap menghadapi banyak ketidakpastian dan kesulitan yang ada di dalam semua pekerjaan.

Petakan Jalan Anda Sejak Perencanaan Karier Terakhir
Salah satu aktivitas pertama Anda setiap kali Anda mengikuti perencanaan karir adalah menghabiskan waktu untuk memetakan pekerjaan dan jalur karier Anda sejak terakhir Anda melakukan perencanaan karier apa pun.

Meskipun Anda seharusnya tidak memikirkan masa lalu Anda, luangkan waktu untuk meninjau dan merenungkan jalannya apakah lurus atau penuh dengan lekukan dan jalan buntu akan membantu Anda merencanakan masa depan.

Begitu Anda memetakan masa lalu Anda, luangkan waktu untuk merenungkan dan catat mengapa hal itu terjadi. Bisakah Anda melakukan hal-hal yang lebih baik? Apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda di masa depan?

Renungkan Kebutuhan dan Keinginan Anda
Perubahan adalah faktor kehidupan. Semua orang berubah, seperti yang kita suka dan tidak suka. Sesuatu yang kita cintai lakukan dua tahun yang lalu mungkin sekarang memberi kita ketidaksenangan. Jadi, selalu luangkan waktu untuk merenungkan hal-hal dalam hidup Anda bukan hanya di pekerjaan Anda yang sangat Anda sukai.

Buatlah daftar dua kolom dari kesukaan dan ketidaksukaan utama Anda. Kemudian gunakan daftar ini untuk memeriksa pekerjaan dan karier Anda saat ini. Jika pekerjaan dan karier Anda sebagian besar jatuh dalam kolom seperti itu, berarti Anda tahu bahwa Anda masih berada di jalur yang benar; Namun, jika aktivitas pekerjaan Anda sebagian besar jatuh dalam kolom yang tidak disukai, sekaranglah saatnya untuk mulai memeriksa pekerjaan baru dan karier baru.

Akhirnya, luangkan waktu untuk benar-benar memikirkan apa yang Anda inginkan atau butuhkan dari pekerjaan Anda, dari karier Anda. Apakah Anda ingin membuat perbedaan di dunia ini? Untuk menjadi terkenal? Menjadi independen secara finansial? Luangkan waktu untuk memahami motif yang mendorong rasa sukses dan kebahagiaan Anda.

Pikirkan Masa Lampau dan Hobi Anda
Perencanaan karier memberi banyak waktu untuk juga memeriksa aktivitas yang Anda sukai saat Anda tidak bekerja. Mungkin kedengarannya agak aneh, untuk memeriksa aktivitas non-kerja saat melakukan perencanaan karier, tapi sebenarnya tidak. Sering kali hobi dan kegiatan santai Anda bisa memberi Anda wawasan bagus tentang jalur karier masa depan.

Pikirkan Anda tidak bisa membuat hobi berkarier? Orang sering melakukannya. Pelukis hebat Paul Gauguin adalah seorang pengusaha sukses yang melukis di sampingnya. Sebenarnya tidak sampai ia didorong oleh seorang seniman yang ia kagumi untuk terus melukis sehingga akhirnya ia memandang serius hobinya dan memutuskan untuk mengubah karier. Dia pandai berbisnis, tapi cintanya melukis.

Buat Catatan Atas Prestasi Sebelumnya 
Kebanyakan orang tidak menyimpan catatan prestasi kerja yang sangat bagus dan kemudian berjuang dengan menciptakan resume yang kuat saat tiba waktunya untuk mencari pekerjaan baru. Membuat catatan tentang prestasi masa lalu Anda  tidak hanya berguna untuk membangun resume Anda, ini juga berguna untuk perencanaan karier.

Terkadang meninjau kembali prestasi masa lalu Anda akan mengungkapkan keberhasilan yang terlupakan, satu atau lebih yang dapat memicu penelitian dan perencanaan perubahan karir sehingga Anda bisa berada dalam pekerjaan yang memungkinkan Anda menyelesaikan jenis hal yang membuat Anda  bangga.

Lihatlah Melampaui Pekerjaan Anda Saat Ini untuk Keterampilan yang Dapat Dipindahtangankan
Beberapa pekerja mendapatkan begitu terbungkus dalam jabatan mereka sehingga mereka tidak melihat kemungkinan karier lain untuk diri mereka sendiri. Setiap pekerjaan membutuhkan seperangkat keterampilan tertentu, dan lebih baik mengkategorikan diri Anda dalam hal keahlian ini daripada bersikap sangat rabun karena hanya berfokus pada judul pekerjaan.

Misalnya, salah satu pencari kerja yang berusaha mencapai perencanaan karier mendapati dirinya terjebak karena dia mengidentifikasi dirinya sebagai reporter. Tapi begitu dia melihat melampaui jabatannya, dia dapat melihat bahwa dia memiliki koleksi keterampilan transfer yang kuat seperti menulis, mengedit, meneliti, menyelidiki, mewawancarai, menyulap banyak tugas, memenuhi tujuan dan tenggat waktu, dan mengelola waktu dan informasi - keterampilan. Yang dapat dengan mudah diterapkan pada berbagai macam pekerjaan dalam berbagai karier.

Tinjau Tren Karier dan Pekerjaan
Setiap orang membuat pekerjaan dan peluang karirnya sendiri, sehingga bahkan jika karier Anda menyusut, jika Anda memiliki keterampilan bagus dan tahu bagaimana memasarkan diri Anda, Anda harus bisa menemukan pekerjaan baru. Namun, memiliki informasi tentang tren karier sangat penting bagi keberhasilan perencanaan karir jangka panjang.

Jalan karier yang berkembang hari ini bisa dengan mudah mengecilkan esok - atau tahun depan. Penting untuk melihat di mana pertumbuhan pekerjaan diharapkan, terutama di bidang karier yang paling menarik minat Anda. Selain pengetahuan tentang tren ini, keuntungan lain dari melakukan penelitian ini adalah kekuatan yang diberikannya untuk menyesuaikan dan memperkuat posisi Anda, proposisi penjualan unik Anda. Salah satu kunci sukses pekerjaan dan karier adalah memiliki seperangkat prestasi, keterampilan, dan pendidikan unik yang membuat Anda lebih baik daripada yang lainnya dalam karier Anda.

Tetapkan Karier dan Pekerjaan Anda
Kembangkan peta jalan untuk kesuksesan pekerjaan dan karier Anda. Bisakah Anda sukses dalam karir Anda tanpa menetapkan tujuan? Tentu saja. Bisakah Anda menjadi lebih sukses melalui penetapan tujuan? Sebagian besar penelitian mengatakan ya.

Komponen utama perencanaan karir adalah menetapkan tujuan karier dan karir jangka pendek (di tahun yang akan datang) dan jangka panjang (di luar tahun). Begitu Anda memulai proses ini, komponen lain dari perencanaan karir menjadi meninjau dan menyesuaikan tujuan tersebut saat rencana karir Anda maju atau berubah - dan mengembangkan tujuan baru setelah Anda mencapai tujuan sebelumnya.

Jelajahi Peluang Pendidikan atau Pelatihan Baru
Ini agak klise, tapi informasi benar-benar mengarah pada kekuatan dan kesuksesan. Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk belajar dan tumbuh lebih sebagai pribadi dan sebagai pekerja. Bagian dari perencanaan karir melampaui penerimaan pasif terhadap kesempatan pelatihan untuk menemukan yang baru yang akan membantu meningkatkan atau melanjutkan karier Anda.

Luangkan waktu untuk merenungkan jenis pengalaman pendidikan apa yang akan membantu Anda mencapai tujuan karier Anda. Lihatlah di dalam perusahaan Anda, asosiasi profesional Anda, universitas lokal dan perguruan tinggi komunitas Anda, serta program pembelajaran jarak jauh online, untuk menemukan peluang peningkatan karier potensial dan kemudian temukan cara untuk mencapainya.

Mempelajari Karier  dan Peluang Maju
Salah satu hasil perencanaan karier yang benar-benar menyenangkan adalah membayangkan diri Anda di masa depan. Dimana kamu akan berada dalam satu tahun dalam lima tahun komponen kunci untuk mengembangkan beberapa skenario di masa depan adalah meneliti jalur karir.

Tentu saja, jika Anda menyukai pekerjaan yang buntu, aktivitas ini menjadi lebih penting bagi Anda, namun semua pencari kerja harus meluangkan waktu untuk meneliti berbagai jalur karier - dan kemudian mengembangkan skenario untuk melihat satu atau lebih Dari visi ini menjadi kenyataan. Lihatlah ke dalam bidang pekerjaan Anda saat ini dan saat ini, tapi sekali lagi, seperti semua aspek perencanaan karier, jangan takut untuk melihat melampaui kemungkinan karier lainnya.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Tips untuk Perencanaan Karier yang Sukses"

Post a Comment

Powered by Blogger.